Translate this blog

Sunday, January 11, 2015

Panduan ber-Hidroponik (Langkah 3)

Akhirnya kita sampai di langkah terakhir dalam budidaya Hidroponik ini. Adapun langkah terakhir ini adalah Pengamatan yang meliputi pengamatan level air dan pengamatan OPT atau Organisme Pengganggu Tanaman.

Baiklah mari kita bahas satu persatu dalam tahap ini.


PENGAMATAN LEVEL AIR
Setelah langkah 2 yang telah kita pelajari kemarin, tugas kita sebenarnya sudah semakin mudah karena tugas kita saat ini adalah mengamati pertumbuhan tanaman. Level air nutrisi harus kita utamakan. Karena dalam contoh ini kami menggunakan sistem air tergenang, maka level air perlu kita pantau satu persatu dalam genangan di setiap paralonnya. Jangan sampai air nutrisi habis, lakukan pengisian dengan segera.
Kami pernah melakukan pengamatan yang menjelaskan bahwa pada tanaman muda kami masih jarang melakukan pengisian air nutrisi, kami lakukan pengisian 5 hari sekali (untuk desain rak yang lain mungkin akan mendapatkan data yang berbeda). Dan akan semakin sering sampai menjelang panen.
Keterlambatan pengisian nutrisi bisa mengakibatkan tanaman layu dan kemudian bisa berakibat mati. Tentu hal ini tidak kita inginkan, periksalah setiap 3 hari sekali baik itu level air ataupun kandungan nutrisinya dengan TDS Meter.

PENGAMATAN OPT (ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN)
Tanaman Hidroponik juga dapat terganggu oleh organisme perusak atau disingkat OPT meskipun dari teknologinya sudah meminimalisir OPT karena sudah tidak melibatkan unsur tanah yang notabene sering menjadi sumber OPT tersebut. Gunakan selalu PESTISIDA ORGANIK, jangan gunakan pestisida kimia karena pestisida kimia tidak bisa terurai oleh air dan bersifat racun. Kami sempat mencoba beberapa ramuan pestisida organik buatan sendiri dan akan kami bagikan resep sederhana ini yang pernah saya lakukan.

Pembuatan Pestisida Organik

Bahan-bahan :

  1. 20 Gram tembakau atau jika dikira-kira sekitar satu genggam
  2. 5 siung bawang putih
  3. Jahe sebesar ibu jari
  4. Botol bekas ukuran 500-600cc
  5. 1 sendok makan sabun cuci piring cair (bukan sabun colek)
Cara Membuat :

  1. Hancurkan bawang putih dan jahe dengan cara ditumbuk
  2. Masukkan bawang putih, jahe dan tembakau kedalam botol dan isi dengan air biasa
  3. Diamkan selama 1 malam atau 24jam

Satu genggam tembakau

Atau sekitar 20g jika ditimbang

Bahan - bahan yang dibutuhkan

Cara pemakaian :

  1.  Ambil 1-2 tutup botol dan campurkan dengan 1 liter air
  2. Tambahkan 1 sendok sabun cuci piring cair
  3. Tempatkan semua larutan tadi ke dalam alat spray
  4. Semprotkan pada tanaman, lebih baik dilakukan di sore hari

Pestisida organik setelah 24jam

Pestisida organik ini bisa dibilang aman karena tidak membunuh serangga predator yang menguntungkan. 
Agar kita terhindar dari serangan OPT tersebut, kita bisa membangun sebuah Green House yang baik dan benar dari sisi konstruksi.

Sampai akhirnya kita memasuki masa panen. Setiap tanaman memiliki masa panen yang bervariasi dan juga memiliki cara panen yang berbeda, ada yang dicabut beserta akarnya ada juga yang diambil buahnya dan lain sebagainya. 
Jangan lupa untuk membersihkan media rak hidroponiknya dari sisa-sisa akar atau kotoran lainnya jika ada, untuk persiapan bibit baru yang akan datang.

Akhir kata dari kami, selamat mencoba dan semoga rangkaian informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua..

Salam Go green

No comments:

Post a Comment