Translate this blog

Sunday, January 4, 2015

Tabel Jumlah Nutrisi (ppm) Pada Beberapa Tanaman Sayuran

Pupuk Hidroponik yang sering disebut Nutrisi AB Mix memiliki kandungan yang seimbang bagi tanaman. Tetapi masih membutuhkan panduan yang baik dalam pencampurannya. Alat bantu yang paling tepat adalah TDS Meter yang pernah saya perlihatkan pada Panduan ber-Hidroponik (langkah 2).

Berikut adalah panduan kecil dalam pencampuran Nutrisi AB Mix


PERHATIAN : Lakukan pemberian nutrisi sesuai kebutuhan tanaman, kekurangan dan kelebihan akan mempengaruhi pertumbuhan dan hasil panen. Saya menggunakan batas terendah sebagai batas aman dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara rutin (4-5 hari sekali) dengan TDS Meter terhadap jumlah kandungan nutrisi tersebut.

2 comments:

  1. Saya sedang mencoba menanam pakchoy.. Umur baru 9hari dan sudah muncul 3daun.. Sy kasih nutrisi.. Dengan takaran 5Ml nutrisi A dan 5ml nutrisi B,dalam 1liter air.. Tapi sy ukur dengan tds meter kebutuhan ppmnya masih diangka 194ppm, kemarin sya tmbah kan nutrisi smpai 560ppm tpi besoknya tnaman sy mlah daunnya ada yg kering.. Lalu sy buang airnya,sy gnti yg baru.. Tkutny kebnyakan nutrisi,lalu sy hnya mnmbahkan prbndingan nutrisi 5:5:1.. Kira2 baikny bgaimana y mas.. Apa sy salah? Sya mohon panduannya

    ReplyDelete
  2. Coba anda perhatikan pada TDS anda, apakah angka 194ppm ada x10 (ditampilkan dengan tulisan kecil) karena pada umumnya 5ml A + 5ml B + 1 liter air itu bisa menghasilkan 800ppm - 1200ppm, jika memang TDS meter anda menunjukkan angka 194ppm (tanpa x10) berarti larutan nutrisi anda perlu diperiksa kembali. Untuk respon yang lebih cepat dapat menghubungi kami di :

    Phone / SMS / Whatsapp : 082134190068
    PIN BBM : 54F09624

    ReplyDelete